Terbongkar! Diam-diam Gerindra Ingin Calonkan Putri Gus Dur di Pilkada Jatim

Posted on

Lahiya – Sampai saat ini, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memang belum mengumumkan siapa sosok calon gubernur yang dipilih untuk Pilgub Jawa Timur. Dengan demikian, timbul pertanyaan terkait siapa yang akan diusung oleh Partai Gerindra? Sufmi Dasco Ahmad yang merupakan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra menyebutkan jawabannya.

Seperti dilansir dari reportase JawaPos.com, Selasa (02/01/2018), Sufmi Dasco Ahmad menuturkan bahwa saat ini pihaknya sedang merayu putri Presiden Indonesia keempat Abdurahman Wahid (Gus Dur), yakni Zanubba Chafsoh atau yang lebih akrab disapa dengan panggilan Yenny Wahid agar dapat turut serta dalam Pilgub Jawa Timur.

“(Yenny Wahid) baru salah satu alternatif calon yang dipertimbangkan oleh Gerindra,” ungkap Dasco saat dihubungi tim jurnalis, Selasa (02/01/2018).

Sementara itu, menyoal pertemuan Ketua Umum Prabowo Subianto dengan Yenny Wahid beberapa waktu lalu, juga dikatakan Anggota Komisi III‎ DPR untuk melakukan satu proses penjajakan.

Baca juga: Dipersulit! Israel Sahkan RUU Syarat Penyerahan Yerusalem ke Palestina

“Penjajakan saja,” singkatnya.

Persetujuan PKS dan PAN

Seperti diketahui, baru sekarang ini nama Yenny juga muncul dan ikut disangkutpautkan. Meski demikian, bukan berarti hal ini sudah lama dipersiapkan oleh Partai Gerindra. Pasalnya, partai yang dikomandoi oleh Prabowo Subianto ini harus meminta persetujuan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) terkait nama Yenny tersebut. Apakah sepakat untuk diusung atau tidak.

“Karena ini termasuk yang harus diputuskan dengan PAN dan PKS,” tandasnya.

Hingga berita ini dimuat, Dasco juga mengungkapkan bahwa saat ini Partai Gerindra sudah memiliki tiga alternatif cagub di Pilgub Jawa Timur. Mereka bertiga terdiri dari Anggota DPR Moreno Suprapto, Bupati Bojonegoro Suyoto, dan putri dari Presiden keempat Gus Dur, Yenny Wahid.

Untuk Anggota DPR Moreno Suprapto sendiri, sosoknya diyakini merupakan opsi alternatif sebagai calon gubernur Jawa Timur di antara persaingan antara dua tokoh Nahdlatul Ulama, Syaifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa, pada Pilkada Jatim 2018.

Sementara itu, dilaporkan dalam reportase Tribunnews.com, kabarnya, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), pada Selasa (02/01/2018), sedang menggelar pertemuan khusus di Jakarta untuk membahas nama tersebut.

Baca juga: Freeport Kembali Dapatkan Perpanjangan Sementara Izin Pertambangan

“Hari ini pimpinan Gerindra, PAN, dan PKS sedang bertemu membahas Pilkada Jatim, salah satunya membahas nama Yenny Wahid,” tutur Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Hendro Subiantoro.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan