Terkuak! Begini Penjelasan Imigrasi Hong Kong Soal Larangan Masuk Ustad Abdul Somad

Posted on

Lahiya – Ditolaknya Ustad Abdul Somad masuk Hong Kong menjadi kabar utama media massa akhir-akhir ini sekaligus heboh diperbincangkan oleh netizen di media sosial. Pemerintah Indonesia pun mengaku tak bisa mencegah hal ini lantaran penolakan itu adalah kewenangan dari pihak imigrasi Hong Kong.

Dilansir dari laman republika.co.id, penolakan Hong Kong atas Ustad Abdul Somad yang waktu itu hendak berceramah menuai kecaman publik. Terlebih, sejak peristiwa itu, tidak ada alasan jelas dari pihak Imigrasi Hong Kong (The Immingration Department/ ImmD) terkait dengan penolakan tersebut.

Baru pada hari Jumat (29/12/2017) malam, Communication and Public Affair Section ImmD Hong Kong, Clara K W Mak, melalui pesan singkat kepada republika.co.id menyampaikan pernyataannya atas penolakan Ustad Abdul Somad.

“Dalam menangani setiap kasus imigrasi, ImmD akan memperhatikan setiap persoalan individu,” kata Clara.

Baca Juga: Coba Korek Malam Pertama Nafa Urbach, Hotman Paris Hutapea Akhirnya Dapat Petaka

Clara menjelaskan bahwa imigasi Hong Kong memutuskan apakah seseorang bisa masuk ke negara tersebut atau tidak diutuskan dengan mempertimbangkan berbagai macam kondisi.

“Departemen imigrasi memutuskan apakah izin masuk akan dikeluarkan sesuai hukum Hong Kong dan kebijakan imigrasi yang berlaku,” terang Clara.

Peristiwa ini mencuat setelah ustad Abdul Somad, melalui akun Facebook miliknya, menceritakan apa yang dialaminya di Bandara Internasional Hong Kong. Ia mengatakan, Sabtu (23/12/2017) sore dirinya sampai di bandara. Baru keluar dari pesawat, sejumlah orang tidak berseragam menghadang dan menariknya. Dua rekan Ustad Abdul Somad pun ditarik oleh orang-orang itu.

Dirinya, lanjut Ustad Abdul Somad, kemudian diminta membuka dompet dan mengeluarkan seluruh kartu di dalamnya. Ia kemudian diintogerasi. Latas, setelah 30 menit, orang-orang yang menghadangnya itu mengantar Ustad Abdul Somad ke pesawat yang sama setelah menjelaskan bahwa Hong Kong tidak bisa menerima kedatangan sang ustad.

Sore harinya, dengan pesawat yang sama, Ustad Abdul Somad kembali terbang ke Jakarta. “Ada hikmah dibalik itu semua. Kepada sahabat-sahabat panitia jangan pernah berhenti menebar kebaikan di jalan dakwah. Mohon maaf tidak terhingga buat sahabat-sahabat pahlawan devisa negara di Hong Kong,” tulis Ustad Abdul Somad di facebook.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan