kebebasan-finansial

Tiga Pilar Untuk Meraih Kebebasan Finansial | @Strategi_Bisnis

Posted on

Ada 3 langkah finansial yang layak dikenang dan dilakoni jika kita ingin meraih financial freedom.

Langka Finansial 1 

Earn more. Ini adalah pilar pertama dari sebuah perjalanan panjang nan berliku untuk meraih financial freedom. Admin pernah menulis jika Anda  punya dua anak, hidup di kota besar dan ingin beli rumah sendiri, income minimal 15 juta/bulan. Syukur lebih.

Harga rumah semakin mahal. Tanpa income memadai, selamanya Anda  akan tinggal di Graha Kontrakan Indah. Kecuali dapat warisan dari orang tua. Cara earn more? Karir Anda  harus bagus. Caranya? Tunjukkan prestasi kerja yang cemerlang dan kompetensi yang menjulang.

Kalau prestasi kerja bagus, headhunters pasti akan memburumu. Karir yang akan mengejarmu. Bukan kamu yang mengejar-ngejar jabatan. Kalau karir dan gaji stuck, tidak  usah ngomel-ngomel. Jika kompetensimu strong, perusahaan lain akan hijack Anda . Dengan tawaran gaji 2 – 3 kali.

Kalau karir atau gaji stuck, dan tidak  berani pindah/resign, mungkin kompetensimu yang abal2. Tidak  usah ngeles. Tidak  usah ngomel. Paham yo le. Your salary reflects your competency level. Kalau gajimu murah, mungkn krn kompetensimu juga  murah. Kelas KW3. Ra sah nesu yo le.

Cara lain earn more: cari usaha sampingan. Jualan di bukalapak. Jadi reseller online. Atau jadi internet marketer. Ada bnyk peluang. Cara lain earn more: bikin usaha sendiri. Penuh risiko. Namun hidup memang penuh risiko. Hidup yang seru adalah hidup yang berkabut risiko.

Jadi internet marketer bisa dilakukan sambilan. Cukup di weekend. Namun bisa hasilkan income sampingan 5 – 10 juta/bulan . Asal tau caranya.

Langkah Finansial 2 

Invest more. Ada prinsip, kalau bisa 30% income Anda  dialokasikan untuk investasi. Tapi, boro-boro untuk investasi, untuk cicilan Vario saja masih suka nunggak min | yo iku urusan sampeyan le. Aku ora melu melu.

Makin muda Anda  memulai investasi, makin bagus efeknya dalam  jangka panjang. Asal untuk invest yang bener ya, bukan invest batu akik. Investasi yang bagus bisa properti (tanah, ruko, apartemen, kos-kosan) atau bisa juga  reksadana (reksadana syariah ada juga ).

Harga properti (terutama tanah) akan terus naik, sejalan dengan  ledakan penduduk. Ingat, tahun 2050 penduduk Indonesia akan tembus 380 juta. Jangan heran jika suatu saat harga tanah bisa tembus Rp 350 – 400 juta per meter persegi. Ojo gumunan. Ojo plonga plongo.

Realitasnya kelam. Harga tanah dan rumah makin melangit. Ada sktr 20 juta keluarga yang tdk sanggup beli rumah. Anda  jangan jadi salah satunya. Bagaimana sanggup beli dan invest tanah atau rumah? Ya itu tadi, earn more. Caranya? Kompetensimu harus grade ori. Bukan kelas KW3.