6 Tips Agar Belajar Bahasa Asing dengan Guru Les Lebih Menyenangkan

Posted on

Belajar bahasa asing bersama guru les sudah dilakukan banyak orang sejak dulu. Belajar bersama guru les memang akan membuat kita lebih fokus pada pelajaran yang ingin kita kuasai. Misalnya saja kita ingin lebih menguasai bahasa Inggris. Kita pun mengikuti les bahasa Inggris dan mendapat guru les yang membimbing kita saat belajar bahasa Inggris tersebut misalnya secara online melalui website https://preply.com/id/. Namun, kadang hal tersebut kurang efektif dan sebagian orang tetap sulit mempelajari bahasa asing yang mereka ingin kuasai segera.

Seperti yang kita tahu, ada banyak orang yang ingin mengikuti les sehingga satu guru les membimbing banyak peserta les. Hal itu yang mungkin menjadi kendala bagi sebagian orang sehingga belajar dengan guru les menjadi tidak menyenangkan. Saat ada materi yang tidak dimengerti, mereka pun sungkan untuk bertanya karena banyak orang. Lalu, apa saja tips yang bisa kita lakukan agar belajar bahasa asing lebih asyik dengan guru les?

Simak tips-tips berikut ini.

1. Pilih Guru Les Privat Online

Di zaman sekarang, banyak hal yang bisa kita lakukan dengan mudah dan praktis. Begitu pula dengan guru les privat. Di zaman dulu, mungkin kita harus menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk sampai di tempat les demi belajar dengan guru les.

Namun di zaman sekarang, kita bisa menemukan guru les privat online. Kita bisa belajar lewat Skype. Jadi yang kita perlukan hanyalah waktu luang karena kita bisa belajar kapan pun dan dimana pun kita mau.

Dengan cara seperti ini, tentunya belajar bersama guru les akan sangat menyenangkan bukan? Kita bisa memilih tempat yang kita sukai, lalu menggunakan gadget atau laptop untuk bisa berkomunikasi dengan guru les privat kita.

Belum lagi guru les privat online biasanya adalah guru les berpengalaman. Ada juga yang merupakan penutur asli, sehingga kita bisa lebih mudah memahami bahasa asing yang ingin segera kita kuasai.

2. Baca Kosa Kata

Kosa kata bahasa asing tentunya begitu banyak. Saat kita ingin menguasai suatu bahasa asing, maka kita pun harus tahu banyak tentang kosa kata bahasa asing tersebut. Misalnya saat kita ingin pintar berbahasa Inggris. Usahakan setiap hari kita menghafal vocabulary dengan tema yang berbeda-beda.

Setelah menguasai banyak vocabulary, tentunya kita akan mudah menguasai bahasa Inggris. Belajar dengan guru les privat pun akan menyenangkan. Apalagi jika guru les privat kita adalah penutur asli atau native speaker.

Kita bisa belajar pengucapan vocabulary dari guru les privat kita. Nantinya kita pun tak hanya tahu banyak tentang vocabulary, namun cara mengucapkan vocabulary tersebut.

3. Dengarkan Lagu Berbahasa Asing

Tips lain yang bisa kita gunakan untuk belajar bahasa asing dengan guru les adalah dengan mendengarkan lagu asing. Maksudnya, kita bisa mendengarkan lagu berbahasa asing di saat kita sedang bersantai.

Mendengarkan lagu berbahasa asing bisa meningkatkan kepekaan kita terhadap bahasa asing itu sendiri. Misalnya, kita mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris. Saat itu terjadi, sebenarnya kita sedang melatih skill listening kita. Kita jadi faham tentang beberapa vocabulary, grammar pattern, dan juga pronounciation.

Lambat laun kebiasaan kita mendengarkan lagu bahasa asing akan membuat kemampuan bahasa asing kita meningkat. Lalu saat kita belajar bersama guru les, kita pun bisa menanyakan hal-hal yang tidak kita mengerti dari lagu bahasa asing yang telah kita dengarkan. Dengan begitu, belajar bahasa asing dengan guru les akan sangat menyenangkan karena ada komunikasi dua arah.

Kita bukan hanya menerima materi, namun menanyakan hal yang kita tidak mengerti. Saat interaksi seperti ini terjadi, tentunya belajar bahasa asing dengan guru les pun akan membuat kita senang.

4. Mamahami Lirik Lagu Berbahasa Asing

Selain melatih skill listening, kita pun bisa mengasah kemampuan grammar dan juga writing dengan memahami lirik lagu bahasa asing. Membaca teks bahasa asing seperti teks bahasa Inggris kadang membuat kita merasa bosan.

Namun jika kita memahami lirik sebuah lagu bahasa Inggris sambil mencoba menyanyikannya, kita akan tahu banyak tentang grammar yang terdapat pada lirik lagu tersebut.

Saat ada yang tidak kita mengerti, kita bisa menanyakannya pada guru les. Dengan kata lain, tips ini membantu kamu untuk menemukan permasalahan yang belum kamu fahami dalam bahasa asing yang ingin kamu kuasai. Jadi saat berkomunikasi dengan guru les, kamu bisa menemukan topik menarik yang bisa dibahas. Dan hal tersebut akan membuat kamu lebih menikmati les bahasa asingmu.

5. Biasakan Berbicara Bahasa Asing

Selain beberapa tips yang sudah dibahas sebelumnya, kamu pun bisa mencoba untuk membiasakan diri dalam berbahasa asing. Biasakan untuk menggunakan kosa kata bahasa asing yang telah kamu kuasai. Misalnya, kamu bisa mengucapkan kosa kata yang telah kamu kuasai dimana pun kamu berada. Atau, kamu pun bisa membiasakan diri untuk bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa asing.

Bahkan saat kamu berbicara dalam hati, kamu bisa menggunakan bahasa asing yang kamu ingin kuasai. Dengan cara seperti ini, kamu akan lebih memahami bahasa asing. Lalu saat berkomunikasi dengan guru les, kamu bisa mencoba berkomunikasi dengan bahasa asing tersebut. Mintalah pendapat guru les kamu.

Mintalah guru les kamu untuk memberikan pendapat tentang kemampuan bicaramu dalam bahasa asing. Tentunya guru les kamu akan tahu apakah kemampuan bahasa asingmu sudah meningkat atau belum. Apapun pendapat guru les kamu, pastinya pendapat itu akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasa asingmu.

6. Menonton Film Berbahasa Asing

Tips lain yang bisa membuatmu lebih menggali potensi bahasa asingmu adalah dengan menonton film berbahasa asing tanpa subtitle bahasa Indonesia. Sama dengan mendengarkan lagu berbahasa asing, menonton film berbahasa asing pun bisa membuat kamu lebih peka terhadap bahasa asing yang sedang kamu pelajari.

Kamu pun akan tahu bagaimana intonasi saat mengucapkan kosa kata bahasa asing. Kamu pun akan tahu kosa kata apa yang tepat untuk mengungkapkan berbagai hal. Misalnya saja jika kita belajar bahasa Inggris. Kita menemukan banyak vocabulary dengan arti yang sama. Saat kita menonton film berbahasa Inggris, kita bisa tahu penggunaaan vocabulary yang tepat.

Vocabulary seperti apa yang cocok untuk keadaan tertentu. Setelah selesai menonton film berbahasa Inggris, kita akan bisa berdiskusi dengan guru les kita. Kita bisa menanyakan hal yang tidak kita mengerti dari fim tersebut namun berhubungan dengan bahasa asing yang sedang kita pelajari. Akhirnya diskusi pun akan berlangsung dengan menyenangkan.

Itulah beberapa tips yang bisa kita gunakan agar les bahasa asing kita lebih menyenangkan. Jadi, tunggu apa lagi? Kamu bisa segera mencari guru les yang berpengalaman melalui website https://preply.com/id/, lalu lakukan tips di atas agar belajarmu dengan guru les lebih menyenangkan.