Tips Membuat Notulen Rapat dengan Benar

Dalam satu rapat atau diskusi utama baik dalam seminar maupun sidang, umumnya dilampiran satu catatan mengenai perjalanan atau kajian materi sepanjang berjalannya satu seminar maupun sidang. Catatan itu umumnya dimaksud dengan notulen.

Makna dari notulen tersebut yaitu naskah dinas yang bikin catatan berjalannya acara atau aktivitas dari mulai pembukaan, kajian permasalahan, s/d pengambilan ketentuan serta penutupan. Yang mencatat notulen dimaksud dengan notulis.

Biasanya notulen diisi mengenai :

  • Maksud dari kegiatan
  • Fikiran-pikiran yang dibicarakan dalam kegiatan
  • Saat pelaksanaan
  • Pihak-pihak yang hadir

Notulen yang ditulis mesti sesuai sama isi rapat maupun diskusi yang telah dikerjakan, lantaran nanti notulen ini bakal diserahkan pada atasan jadi satu laporan.

Banyak hal yang perlu di perhatikan untuk jadi seseorang notulis yang baik serta membuahkan notulen yang baik juga, diantaranya :

Mengerti Maksud serta Maksud dari Diselenggarakan Rapat/Seminar

Supaya dapat mencatat dengan baik saat rapat tengah berjalan, sebaiknya Anda lakukan penelitian terlebih dulu mengenai maksud dari rapat itu atau tanyakan pada atasan Anda. Begitu saat rapat telah diawali Anda bakal memahami latar belakang dari rapat itu.

Buat persiapan dengan Baik

Buat persiapan terlebih dulu alat-alat yang diperlukan. Umpamanya laptop, alat catat maupun bila perlu Anda sediakan alat perekam yang bisa bikin Anda lebih gampang dalam membuat laporan nanti ke atasan Anda.

Ketahui Beberapa Peserta Rapat

Bila Anda tak demikian mengetahui peserta rapat yang ikuti rapat itu, baiknya Anda bertanya sebelumnya rapat diawali pada rekanan kerja maupun atasan yang memberikan tugas Anda.

Konsentrasi serta Tangkap Inti Sari dari Pernyataan dari Rapat Tersebut

Berfokuslah pada rapat yang tengah berjalan, tak perlu mencatat tiap-tiap kata yang disampaikan dari pembicara, cukup catat poin-poin sebagai sisi utama dari rapat itu.

Pakai Template

Memakai template notulen rapat yang telah ada bisa memudahkan Anda dalam mencatat beberapa hal utama dalam rapat sekalian lebih cepat juga.

loading...

Teliti Kembali

Saat usai bikin poin-poin, yakinkan Anda kembali mengecek kembali catatan Anda. Rapat maupun diskusi diperlukan satu notulen yang bisa dipertanggung jawabkan oleh penulisnya, yang terlebih dulu bakal diserahkan terlebih dulu untuk di check kembali sebelumnya nanti bakal diberikan ke semua peserta yang ada saat rapat.

Maksud dari pemberian notulen pada peserta rapat yaitu untuk memberi deskripsi tercatat bagaimana rapat yang telah jalan berjalan begitu halnya hasil diskusi yang telah disetujui berbarengan pastinya.

Pembuatan notulen sesungguhnya mempunyai fungsi-fungsi yang begitu vital dalam aktivitas rapat, diantaranya :

  • Sebagai bukti kalau sudah diadakannya satu rapat
  • Sebagai manometer atau ukuran keberhasilan satu rapat
  • Bisa dipakai sebagai referensi bila bakal diselenggarakan kajian tentang aktivitas dalam notulen itu.

Notulen mempunyai bebrapa sisi sendiri. Untuk notulen resmi, mempunyai bagian-bagian :

  • Kepala notulen : Kepala notulen diisi alamat lembaga tempat diadakannya rapat
  • Judul notulen : Sisi ini diisi mengenai judul rapat yang bakal dibawakan
  • Saat proses rapat : Sisi ini meliputi hari, tanggal, dan jam dikerjakannya rapat
  • Tempat proses rapat
  • Susunan acara

Sisi ini diisi mengenai rangkaian acara yang diselenggarakan, dari mulai pembukaan s/d penutupan :

– Hasil rapat
– Hasil rapat diisi mengenai hasil perjanjian berbarengan, usulan dari peserta rapat.

Untuk memperoleh hasil notulen yang baik, mudah-mudahan sebagian panduan di atas dapat menolong Anda jadi seseorang notulis yang baik. Kalau mau lebih mudah, kamu juga bisa pakai contoh notulen

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan