Tito Sudutkan MUI, Komisi VIII Usul Jokowi Cari Kapolri Baru

Posted on

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid mengatakan, seharusnya Kapolri Jenderal Tito Karnavian duduk bersama untuk musyawarah dan bertukar pikiran dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Bukan justru, kata Sodik, Tito mengeluarkan pernyataan yang menyudutkan MUI terkait fatwanya yang berpotensi menimbulkan gangguan pada stabilitas keamanan nasional.

Justru, lanjut dia, ucapan Tito tersebut memancing antipati dan konflik dalam situasi sekarang. Bagaimanapun, keberadaan lembaga MUI sendiri sudah ada puluhan tahun dan diinisiasi langsung oleh pemerintah.

“Dengan sejarah, kedudukan dan fungsi seperti itu maka yang harus dilakukan Kapolri bukan pernyataan yang menyudutkan. Dalam sejarah perjalanan, berbagai fatwa ulamanya justru menjaga persatuan dan kebhinekaan,” kata Sodik kepada TeropongSenayan di Jakarta, Selasa (17/1/2017).

“Jadi walau pernyataan Tito melukai umat Islam saya yakin umat Islam masih tetap menjaga Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Pernyataan tersebut menunjukan kekurangsiapan dan kekurangan matangan Tito untuk memangku jabatan yang sangat strategis di NKRI,” jelasnya.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan