Festival-Lembah-Baliem-Wamena-Papua-2

7 Tradisi Unik Ini Hanya Ada di Papua. Kamu Harus Tahu!

Posted on

Tanah di ujung timur Nusantara ini, nyatanya miliki beberapa kebiasaan unik yang buat orang akan melongo melihatnya. Pulau yang populer dengan Raja Ampat-nya ini terbagi dalam sebagian suku yang mempunyai kebiasaan masing-masing.

Tidak hanya tempat tinggal Hanoi yang serupa jamur itu, atau koteka yang nyentrik saja yang buat Papua unik. Namun juga jejeran kebiasaan ini, juga perlu kalian tahu. Siap-siap melongo ya Guys!

1. Yang satu ini namanya Kebiasaan Bakar Batu, diselenggarakan sebagai ungkapan sukur.

tradisi bakar batu di papua
dailymail.co.uk

Walau namanya bakar batu, namun tidak hanya batu saja yang di bakar. Ada ubi, ketela, singkong, serta umbi-umbian lain yang umumnya turut dibakar diatas batu. Nyem nyem makan ubi beberapa ramai dong!

Baca juga: Apa itu Wawasan Nusantara

2. Kebiasaan Potong Jari untuk keluarga yang ditinggal orang terkasih.

tradisi unik potong jari di papua
sayangi.com

Sebagai tandanya rasa sedih lantaran ditinggal orang yang di cintai, maka orang yang ditinggal mesti memotong jari mereka sesuai sama jumlah orang yang wafat. Waduh, jika yang wafat 10 bisa tidak mempunyai jari tuh!

3. Nah, waktu ada acara pernikahan, maka ada arak-arakan seperti ini. Namanya Kebiasaan Ararem

pegipegi.com

Apabila ngantar pengantin, seperti ini ramainya, Sob. Beberapa orang ini mengantarkan mas kawin ke tempat nikah. Yang unik dalam kebiasaan ini yaitu mereka tidak pernah lupa membawa bendera merah putih loh. Wah, sudah seperti karnaval saja ya?

Baca juga: Sejarah Suku Dayak

4. Di Kabupaten Sorong, Papua ada Tarian kebiasaan yang unik bernama Imeko

adirafacesofindonesia.com

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan