7 Tradisi Unik Ini Hanya Ada di Papua. Kamu Harus Tahu!

Tanah di ujung timur Nusantara ini, nyatanya miliki beberapa kebiasaan unik yang buat orang akan melongo melihatnya. Pulau yang populer dengan Raja Ampat-nya ini terbagi dalam sebagian suku yang mempunyai kebiasaan masing-masing.

Tidak hanya tempat tinggal Hanoi yang serupa jamur itu, atau koteka yang nyentrik saja yang buat Papua unik. Namun juga jejeran kebiasaan ini, juga perlu kalian tahu. Siap-siap melongo ya Guys!

1. Yang satu ini namanya Kebiasaan Bakar Batu, diselenggarakan sebagai ungkapan sukur.

tradisi bakar batu di papua

dailymail.co.uk

Walau namanya bakar batu, namun tidak hanya batu saja yang di bakar. Ada ubi, ketela, singkong, serta umbi-umbian lain yang umumnya turut dibakar diatas batu. Nyem nyem makan ubi beberapa ramai dong!

Baca juga: Apa itu Wawasan Nusantara

2. Kebiasaan Potong Jari untuk keluarga yang ditinggal orang terkasih.

tradisi unik potong jari di papua

sayangi.com

Sebagai tandanya rasa sedih lantaran ditinggal orang yang di cintai, maka orang yang ditinggal mesti memotong jari mereka sesuai sama jumlah orang yang wafat. Waduh, jika yang wafat 10 bisa tidak mempunyai jari tuh!

3. Nah, waktu ada acara pernikahan, maka ada arak-arakan seperti ini. Namanya Kebiasaan Ararem

pegipegi.com

Apabila ngantar pengantin, seperti ini ramainya, Sob. Beberapa orang ini mengantarkan mas kawin ke tempat nikah. Yang unik dalam kebiasaan ini yaitu mereka tidak pernah lupa membawa bendera merah putih loh. Wah, sudah seperti karnaval saja ya?

Baca juga: Sejarah Suku Dayak

4. Di Kabupaten Sorong, Papua ada Tarian kebiasaan yang unik bernama Imeko

adirafacesofindonesia.com

Nama Imeko di ambil dari 3 daerah sembaran yakni inanwatan, metemani, serta kokoda. Tarian ini dapat disebut unik. Mengapa? Lantaran tarian ini populer dengan goyang pantatnya. Uniknya lagi, pada tarian ini gerakan tangan penari mirip kepakan sayap beragam jenis burung. Sayangnya, kita hanya dapat saksikan tarian ini waktu ada acara-acara kebiasaan atau masuk tempat tinggal baru saja Guys.

5. Mumi, tidak hanya ada di Mesir, di Papua ada juga. Kenalan yuk sama Mumi Aikima

tradisi mumi di papua

panoramio.com

Di Papua ada mumi Aikima yang berumur kian lebih 300 th.. Terkecuali ini, ada 2 mumi lagi yang sukses menarik wisatawan untuk memandangnya. Hii, berani photo bareng mumi?

6. Suku Kamoro bahkan juga miliki kebiasaan berdarah Guys. Mereka membuat gendang dari darah. Hiii..

detik.com

Yup, gendang atau yang dimaksud orang-orang Papua sebagai Tifa ini, tak direkatkan dengan lem, namun dengan darah. Darah itu di ambil dari seorang yang berani paha-nya disilet. Ngeri ya, Guys.

loading...

7. Siapa yang senang main perang-perangan? Di Papua bahkan juga ada festivalnya loh! Namanya Festival Lembah Baliem

tradisi baliem

pesonaindo.com

Festival ini diselenggarakan sebagai pertanda kesuburan, Sob. Walau melibatkan adu kemampuan antar suku, namun festival ini tetaplah asik serta aman buat kita saksikan serta nikmati. Yang keren lagi dari festival yang melibatkan 3 suku di Papua ini yaitu ada skenario penyebab perang. Wah, telah seperti main film saja ya.
Bagaimana, Sob? Telah melongo belum? Tradisinya unik serta nyentik kan?

Indonesia itu kaya, Bro. Kaya alam, seni, serta kebiasaan istiadat. Bahkan juga di daerah pelosok seperti Papua, juga kaya kebiasaan. Yakin hanya diam dirumah saja? Yuk, beranjak dari tempat duduk, serta mulai jelajahi ibu pertiwi. Mengawalinya dari Papua, bisa juga

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan