Ujung Genteng

Ujung Genteng-Sudah tahu ingin berlibur akhir th. kali ini? Datang saja ke Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa barat. Tempat ini yaitu surganya penggemar pantai serta air terjun. Pasir putih, pantai yang landai, serta sunset cantik ada disini.

Pantai Ujung Genteng yaitu wisata favorite di Sukabumi lantaran pantai indah ini mempunyai tempat penangkaran penyu hijau. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Ciracap, kurang lebih sekitaran 220 km dari kota Jakarta.

Meskipun jarak menuju pantai ini cukup jauh, tetapi anda akan tidak kecewa bila telah ada di lokasi Pantai Ujung Genteng, lantaran anda bakal lihat langsung pantai yang berpasir putih dengan ombak yang menggulung.

Bila anda menginginkan berwisata keluarga, anda bisa berkunjung ke Taman Rekreasi Selabintana yang disebut satu obyek wisata Sukabumi yang tawarkan situasi asri dari hijaunya pegunungan. Taman rekreasi ini berlokasi di kaki Gunung Pangrango, sekitaran 7 km dari utara kota Sukabumi.

Untuk menuju Ujung Genteng, Anda dapat memakai kendaraan pribadi ataupun umum. Bila Anda memakai kendaraan umum, maksud pertama yaitu terminal Sukabumi serta cari angkutan kota menuju terminal Lembur Situ. Kemudian, Anda dapat memakai bus atau elf jurusan Surade.

Sesampainya di Terminal Surade, Anda dapat naik angkot warna merah jurusan Ujung Genteng. Bila anda memakai kendaraan pribadi, silahkan segera dari sukabumi menuju Ujung Genteng yang ditempuh sepanjang 3-4 jam perjalanan.

Ujung Genteng yaitu alam liar yang sungguh menakjubkan yang dipunyai oleh Indonesia. Sayangnya, terdapat banyak tempat disana yang kurang tertangani serta kurangnya fasilitas-fasiltas pendukung. Banyak jalanan yang menuju Pantai Pangumbahan, Pasir Putih, serta Pantai Ombak 7 yang masihlah belum di aspal. Tetapi, hal semacam ini mennjukan kalau pantai-pantai itu masihlah alami. Ingat, mesin ATM juga tak ada disana lho!

Saya merekomendasikan untuk memakai kendaraan pribadi untuk traveling ke Ujung Genteng. Hal semacam ini karena banyak spot pantai serta air terjun yang jaraknya lumayan berjauhan. Diluar itu, sarana kendaraan umum juga kurang.

Ini dia spot-spot pantai serta air terjun yang indah di Ujung genteng :

Pantai Tenda Biru

Pantai ini masihlah begitu alami lantaran ada di lokasi hutan lindung yang dijaga pihak TNI AU. Ongkos masuknya sebesar Rp 5. 000 saja. Pantai ini begitu bagus, lantaran sewaktu air surut kita dapat jalan nyaris 200-300 mtr. dari bibir pantai ke tengah. Pasir putih serta hamparan batu karang demikian menakjubkan, sayang kurang terawatnya pantai ini menyebabkan banyak sampah yang berantakan.

Pantai Minajaya

Serupa seperti Pantai Tenda Biru. Bila air laut surut, kita dapat lihat ibu-ibu pencari jukut hejo (rumput hijau) di pinggir ombak serta bapak-bapaknya mencari udang lobster. Disini, kita dapat beli ikan atau udang tangkapan nelayan yang masihlah fresh untuk dimasak serta makan di saung-saung tepi pantai. Lagi-lagi saya tak temukan tempat sampah di ruang pantai.

Sebelum dan sesudah surut #pantaiminajaya #sukabumi

A photo posted by Hunatullah Muhammad (@hunatullah) on

Pantai Pangumbahan

Wow! Saya terkesima waktu datang ke pantai ini. Hamparan pasir putih jadi panorama yang begitu mengagumkan. Disini banyak wisatawan asing yang bermain surfing serta ada tempat penangkaran penyu. Bersukur, saya dapat lihat pelepasan tukik sejumlah 150 ekor. Semua pengunjung bertepuk tangan di waktu tukik-tukik penyu dilepaskan panorama yang mengharukan buat saya.

Pantai ini terdapat di villa Amanda Ratu. Kita dapat nikmati laut terlepas Samudera Hindia dengan deboran ombak yang memikat hati.

Pantai Cipanarikan atau Pasir Putih

Hamparan pasir putih menghiasi pantai ini. Panorama yang begitu mengagumkan pada pertemuan air laut serta air tawar muara disini, seakan gurun pasir putih. Begitu alami! Untuk menuju ke pasir putih, kendaraan mesti di parkir di satu kebun. Lantas kita jalan lebih kurang 3-5 menit menyusuri rimba lindung. Disanalah kita disajikan alam liar dengan hamparan pasir putih lambut yang masihlah perawan.

Wihh ngilerrrr nih liat foto2 tentang pantai ini, indah maksimal. Pantai ini menurut saya punya nomine komplit sbg pantai , dr pasirnya yg membentang panjang putih berkilau sepi terasa.. Aliran Muara yg berlabuh persis terbelah oleh pasir… Ombaknya yg tenang menawan.. Sunsetnya yg tidak akan gagal untuk dilewatkan. Lokasi pantainya yg tersembunyi dibalik hutan lindung yg menjadikannya jarang pengunjung. Ini dia pantai muara cipanarikan ujung genteng sukabumi. Pantai Cipanarikan atau Muara Cipanarikan Salah satu objek wisata unik di Ujung Genteng. Pantai Cipanarikan merupakan tempat bertemunya Sungai Cipanarikan dengan laut. Sungai Cipanarikan membentuk alur membelok terlebih dahulu sebelum masuk ke laut, sehingga terbentuk hamparan pasir yang cukup luas dengan bentuk pasir yang sangat halus. Untuk mencapainya, Anda perlu berjalan sekitar 3-5 menit melewati hutan lindung, dan akan terlihat hamparan pantai pasir putih yang masih manis maksimal. Hayu urang ngajagi ngarawat tur ngaraksa bumi pasundaan. Bawalah sampahmu kembali, laut bukan tempat sampah. #Mtma #mtma_sukabumi #sukabumi #exploresukabumi #Pantaicipanarikan

A photo posted by SADULUR MTMA SUKABUMI (@mtma_sukabumi) on

Pantai Ombak 7

Maaf sekali saya tak bertandang ketempat ini lantaran saat saya yang begitu singkat. Untuk menuju kesana, menurut masyarakat setempat, mesti memakai ojek dengan tarif Rp 150 ribu lantas menyusuri rimba melalui 3 sungai dengan jalan setapak.

Bila hujan, tarif ojek bisa hingga Rp 200-250 ribu lantaran jalanan begitu terjal. Ombak 7 ini diberi nama oleh wisatawan asing, lantaran disana ombaknya bagus untuk surfing. Semoga saya dapat kesana dilain saat.

#susurpantai #pantaiombak7 #sukabumi #vsco #vscocam

A photo posted by luhur dwi andika (@luhurdwia) on

Curug Cikaso

Air terjun Cikaso mempunyai panorama yang begitu mengagumkan indahnya. Letaknya benar-benar sangat jauh dari pantai-pantai yang sudah saya datangi. Bila Anda membawa kendaraan sendiri, dapat kembali pada arah Surade apabila anda memakai kendaraan umum, Anda dapat menyewa ojek atau angkutan kota lantaran untuk menuju wisata air terjun Cikaso belum ada kendaraan umum.

Dari tempat parkir kendaraan, Anda dapat naik perahu dengan membayar Rp 60. 000 per rombongan. Atau, Anda dapat jalan kaki dengan jarak tempuh sekitaran 5 menit, lebih kurang 200 mtr..

Air terjunya indah Kamu juga 😊 #exploresukabumi #curugcikaso

A photo posted by DANI (@danixsofyan) on

Curug Luhur

Pertama kalinya lihat ini saya kurang tertarik, lantaran curug ini suatu sungai. Namun, sesudah saya turun ke bawah, pemandangannya sungguh mengagumkan. Sungai dengan dasar bebatuan menghiasi keindahan sendiri seperti taman surga, lantaran waktu musim kemarau air terjun ini tak ada airnya. Ucap sukur yang demikian mendalam, saya dapat di beri peluang nikmati alam nusantara ini.

Sekian perjalanan saya ke Ujung Genteng, Sukabumi. Mudah-mudahan dapat jadi wawasan sendiri buat saya serta pembaca untuk lakukan trip wisata alam liar yang ada di bumi Indonesia ini. Saya meyakini wisata alam kita tak kalah dengan negara-negara yang lain. Senantiasa saya ucapkan sukur pada Sang Pencipta Alam atas keindahan bumi kami hingga saya dapat nikmati pantai, air terjun, serta sunset yang demikian menakjubkan.

1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan