Umat Islam, Waspada Provokasi Gara-Gara Hoax Tentang Pernyataan Said Aqil

Posted on

Lahiya – Hoax yang ditujukan untuk menimbulkan perpecahan bagi umat Islam sangat patut diwaspadai. Seperti salah satunya provokasi “palsu” tentang pernyataan dari Ketua Umum PB NU KH Said Aqil Siradj.

Sebuah blog bernama mancanegara-news.blogspot.co.id menerbitkan artikel berjudul Said Aqil: Banyak Orang Pulang Dari Arab Tambah Goblog, Jenggot Di Panjangin Pakai Gamis dan Jidat Hitam Padahal Otak Dongo. Sontak artikel tersebut menyebabkan banyak netizen terhasut.

Dilansir dari Jawapos.com, menurut penelusuran artikel blog tersebut rupanya mencomot berita dari Tribunnews.com. Adapun struktur kata beserta kalimat setiap paragrafnya persis sama dengan artikel yang dicuri. Hanya terlihat perbedaan pada paragraf kedelapan, di mana isinya merupakan kutipan langsung pernyataan dari Said Aqil.

Baca juga: Mbah Mijan Bongkar Rahasia Mistis Vicky Prasetyo Bisa Sampai Digilai Wanita

Menurut versi artikel Tribun, begini bunyi kutipan itu. ”Sekarang banyak orang pulang dari Arab enggak dapat ilmu, tapi jenggot dipanjangin, pakai gamis, jidat hitam,” kata Said. Kemudian, blog mancanegara-news mengubah kutipan itu menjadi: ”Sekarang banyak orang pulang dari Arab enggak dapat ilmu tapi jenggot dipanjangin, pakai gamis, jidat hitam padahal otak kosong.”

Menurut berita yang dimuat oleh Tribun, pernyataan itu disampaikan oleh Said di hadapan para TKI yang ada di Malaysia. Dirinya mengingatkan supaya para pekerja tersebut mencari banyak ilmu tanpa lupa dengan budaya milik bangsa sendiri. Selain itu, Said juga menceritakan tentang pengalaman dia saat belajar di Arab Saudi.

Ketika itu, dari Arab Saudi ada banyak ilmu yang dapat dibawa ke Indonesia dan memberikan manfaat. Namun, sungguh disayangkan oleh Said karena kini orang pulang dari Arab Saudi kebanyakan hanya membawa budayanya saja. Tetapi tidak dengan ilmunya, misalnya seperti tafsir, fikih dan filsafat Islam.

Baca juga: Tangisi Perceraian Ahok, Perempuan Ini Bilang Veronica Jahat

Dilansir dari Jawapos.com menurut keterangan dari jurnalis Tribun yang meliput dan menulis berita itu, Adiatmaputra Fajar Pratama, Said Aqil saat itu diundang dalam rangka Pesta Rakyat WNI yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Duta Besar RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana, yang mengundang Said untuk hadir.

Tetapi, penyebaran hoax lebih cepat. Banyak yang terhasut oleh informasi itu sampai emosional menanggapinya. Ada yang berkomentar menyerang Said Aqil, dan ada juga yang suka dengan pernyataan “palsu” itu.

Faktanya, artikel yang memuat pernyataan Said Aqil unggahan dari blog Mancanegara-news merupakan sebuah berita curian dari portal berita yang mainstream, lalu dipalsukan untuk menimbulkan perpecahan.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan