Unik! Kampung Janda, Satu Rumah Bisa Dihuni 3 Janda Usia Paling Muda 25 Tahun

Posted on

Lahiya – Sejak 10 tahun terakhir, warga Batuah memberi sebutan unik pada kampung Batuah, Kelurahan Kemuning, Kota Banjarbaru, kampung mereka sendiri dengan nama kampung janda. Bukan tanpa alasan para warga memilih sebutan tersebut.

Dilansir dari Tribunnews.com, penyebab kampung Batuah lebih dikenal sebagai kampung janda adalah banyaknya jumlah wanita berstatus janda tinggal di tempat tersebut. Mulai dari janda tua hingga janda muda, janda banyak anak hinggga janda satu anak, janda ditinggal mati ataupun janda cerai.

Ketua RT 03, Kampung Batuah, Ahmad Norhansah mengungkapkan bahwa kampungnya memang dikenal memiliki banyak janda. Begitu banyaknya, ia mengatakan rumah yang tidak memiliki wanita dengan status janda di dalamnya sampai bisa dihitung dengan jari.

“Mungkin cuma tiga buah rumah saja yang tak ada jandanya,” ungkapnya pada Jumat (14/4/2017), ketika ditemui untuk dimintai konfirmasi tentang jumlah janda di kampung yang diketuainya tersebut, seperti yang dikutip dari laman Tribunnews.com, 20/1/2018).

Baca Juga: Viral! Pergoki Perselingkuhan Sang Suami, Istri Curiga Lantaran ‘Itunya yang Makin Loyo’

Fakta mengejutkan di balik Kampung Batuah yang banyak dihuni janda tersebut, ada kepala keluarga hingga anak dari janda yang kemudian menyandang status serupa seperti sang ibu. Bahkan di dalam sebuah rumah tercatat bisa ada dua hingga tiga orang janda.

“Ada sekitar 26 kepala keluarga yang merupakan seorang janda, dari 37 rumah. Tapi kalau dihitung per kepala hampir 90 persen perempuan di sini janda,” tutur Ketua RT Ahmad Norhansah lebih lanjut.

Dari total jumlah keseluruhan janda di kampung tersebut, kebanyakan wanita menjanda karena ditinggal sang suami meninggal. Meskipun rata-rata janda di Kampung Batuah berusia 50 ke atas, namun tidak sedikit wanita yang sudah menjanda padahal baru berusia 25 tahun.

Baca Juga: Ingat Bocah Pemain Video Tak Senonoh dengan Tante-Tante? Mereka Dapatkan Ini dari Pemprov Jabar

Tak jauh berbeda dengan Kampung Janda di Batuah, Kampung Panyarang di Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor juga menyandang julukan serupa. Hal tersebut disebabkan dengan cukup banyaknya wanita yang berstatus sebagai janda tinggal di sini.

Disampaikan oleh Ketua TR 05, Ade Suryadi, dari 65 kepala keluarga (KK) yang tinggal di RT-nya, ada sekitar 30 janda. Usianya beragam, yang paling tua sekitar 60-70 tahun dan ada pula yang baru berusia 17 tahun, namun sudah menjanda sebanyak dua kali.

Adapun alasan banyaknya wanita yang menjadi janda, karena suami-suami mereka meninggal. “Di RT saya saja, dari 65 kepala keluarga, ada sekitar 30 perempuan yang menjanda,” tuturnya pada Kamis (31/3/2016), dikutip dari laman Tribunnews.com, Kamis (31/3/2016).

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan