SHARE

Awal bulan Juli ini kabar duka mulai menyapa. Bencana baru saja terjadi di kawasan wisata Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Sebuah kawah yang ada di dataran tinggi ini tiba-tiba meletus pada siang hari ini, Minggu (2/7/2017).

Letusan itu juga mengakibatkan setidaknya 10 orang menjadi korban luka. Sebagaimana diberitakan dalam situs Tribratanewsbanjarnegara.com (2/7/2017) letusan setinggi 50 meter terjadi di Kawah Sileri pada objek wisata Dieng Banjarnegara, Desa Kepakisan Kecamatan Batur, Banjarnegara, hari Minggu ini.

Dieng memang dikenal sebagai objek wisata dengan berbagai keindahan alamnya. Selain pemandangan gunung, dataran tinggi dan telaga warna, ada objek wisata lain di Dieng.

Dataran tinggi Dieng memiliki beberapa objek wisata berupa kawah yang masih aktif hingga sekarang. Namun, hari ini saat banyak orang sedang berkunjung ke objek wisata tersebut malah bencana terjadi.

Akun Twitter Polres Banjarnegara juga mengatakan bahwa letusan dari Kawah Sileri itu mengeluarkan lahar dingin.

Masyarakat sekitar objek wisata Kawah Sileri ini dihimbau untuk meninggalkan lokasi. Kabar meletusnya Kawah Sileri Dieng ini juga disebarkan oleh beberapa netizen.

“Telah terjadi bencana alam di kawasan Dieng tepatnya di kawah sileri.”

“Telah meletus kawah sileri sekitar jam 11:30 belum diketehui korban jiwa yg meninggal puluhan korban luka telah dibawa ke puskesmas terdekat… yg tau info lebih lenkap nya..monggo di tambahkan..” tulis ‎Antoro‎ di grup KORBAN ICJ Iinfo Cegatan Jogja).

Sementara itu pengguna Facebook ‎Aries Curva Sud‎ menambahkan informasi selanjutnya.

“Berita duka..dari kawasan wisata Dieng plateu.
bencana kawah seleri baru saja meledak.”

“Korban sementara 10 wisatawan belum teridentifikasi. di bawa ke puskesmas Batur banjar negara. demikin info smentara.”

“Sudah ada korban luka-luka di puskesmas 2 Batur.
SATGANA yg domisili di sekitar Batur, mohon segera rapid assesmen.”

“Kronologi:

Pkl 12.00 ada letusan di kawah sileri desa kepakisan. Saat banyak pengunjung wisata. Terdata sementara 10 orang korban luka.”

“Ledakan 1 kali (pertama) setinggi 50 meter & keluar lahar dingin. Sementara lokasi wisata ditutup utk umum. Info dr Tagana Banjarnegara”

Menurut laporan Tribratanewsbanjarnegara.com, hingga pukul 14.30 WIB terdapat setidaknya 10 korban letusan yang merupakan wisatawan.

Menurut Surip dari Pos Gunung Api Dieng, kejadian tersebut berpotensi menimbulkan letusan susulan. Untuk sementara Polres Banjarnegara menutup objek wisata Kawah Sileri ini.

Lihat videonya berikut ini:

Loading...
Loading...