Viral! 7 Ramalan Gus Dur, 6 Jadi Kenyataan. Tinggal Satu Prediksi yang Belum Terjadi, Soal Ahok!

Posted on

Lahiya – Nama besar K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain terkenal sebagai salah satu sosok muslim berpengaruh di Tanah Air, beliau juga merupakan sosok yang aktif dalam politik. Dan in terlihat dari kiprahnya menjadi Presiden ke-4 yang menggantikan B.J. Habibie.

Berbicara mengenai Gus Dur, beberapa waktu yang lalu viral kembali video ramalannya yang menjadi buah bibir netizen. Di dalam video viral tersebut terdapat banyak tokoh hebat seperti mantan Kapolri Sutarman, KH Said Aqil Siradj, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar-Pandjaitan.

Prediksi yang disampaikan oleh Gus Dur terbukti kebenarannya. Ada 7 ramalah yang disampaikan, namun hanya tinggal satu saja yang belum menjadi kenyataan. Berikut ini selengkapnya seperti yang diwartakan dari Tribunnews.com

Baca juga: Waspada Jelang Tahun Baru! Kemenkes Sebut Terompet Berpotensi Tularkan Penyakit Mematikan Ini

#1. Di tahun 1998 Gus Dur Prediksi Soeharto Lengser

Prediksi yang pertama, KH Bukhori Masruri pada saat perayaan Haul Gus Dur yang keempat pernah memberikan testimoninya terkait lengsernya Presiden Soeharto.

“11 bulan sebelum Soeharto jatuh, Saya Gus Dur, Mustofa Zuhad, Thoha pengurus NU Jogja. Di kamar diajak bicara berbagai hal masalah tapi tiba-tiba Gus Dur bilang dalam Bahasa Jawa. Wis rasah ngrembuk kuwi, Pak Harto sedelo meneh jatuh. Kulo gumun Pak Harto iso jatuh pie padahal saat itu Pak Harto diangkat menjadi Jenderal bintang lima artinya didukung oleh kekuatan bersenjata, didukung oleh kekuatan politik, didukung oleh kekuatan ekonomi dan didukung oleh opini publik.”

#2. Tahun 1999 Gus Dur Prediksi Dirinya Jadi Presiden Keempat RI

Prediksi kedua yang terbukti kebenarannya adalah datang dari testimoni Luhut Binsar Pandjaitan dalam Haul Gus Dur yang keenam di Jakarta. Luhut mengaku bertemu dengan Gus Dur dan menyebutkan jika Luhut tak perlu berangkat menjadi Duta Besar lantaran sebentar lagi Gus Dur bakal menjabat sebagai presiden.

Baca juga: Dituding Hina Rizieq Shihab Lewat Postingannya di Facebook, Begini Klarifikasi Ade Armando

“Ndak Pak Luhut betul, ini kyai saya ada sembilan ada dari Lampung, dari, dari manalah gitu. Saya dapat bisikan kalau saya jadi presiden,” ungkap Luhut menirukan Gus Dur.

#3. Tahun 2010 Gus Dur Memprediksi KH Said Aqil jadi Ketum PBNU

Sebuah video yang berjudul ‘Gus Dur Ramalkan Said Aqil Ketua Umum PBNU setelah 55 Tahun’ diunggah dalam artikel website resmi milik NU, yakni NU Online. Ramalan KH. Abdurrahman Wahid jadi kenyataan. Said Aqil terpilih menjadi Ketum PBNU pada Muktamar ke-32 NU bertempat di Makassar pada usia 56 tahun. Cerita itu disampaikan sendiri oleh Kiai Said Aqil.

“Saya tidak menceritakan ini sebelum Muktamar, nanti dikira kampanye.”

“Nanti sampeyan itu baru jadi Ketua Umum PBNU setelah umur 55,” kata Gus Dur seperti ditirukan Said Aqil.

#4. Tahun 2013 Gus Dur Prediksi Jenderal Sutarman jadi Kapolri

Prediksi keempat, ada pengakuan dari Jenderal Sutarman di haul Gus Dur keempat di Cianjur.

Baca juga: Unggah Foto Habib Rizieq Pakai Atribut Seperti Ini, Ade Armando Dilaporkan ke Bareskrim

“Pak Tarman nanti akan jadi Kapolda, Kapolda Metro nanati lalu jadi Kapolri. Almhamdullilah apa yang diucapkan beliau terlaksana betul,” ujar Sutarman.

#5. Tahun 2014 Gus Dur Prediksi Jokowi Jadi Presiden.

Dalam artikel di NU Online diceritakan ramalan Gus Dur yang memprediksi Jokowi menjadi presiden. Padahal kala itu, Jokowi masih duduk sebagai Wali Kota Solo.

“Saya masih ingat tanggalnya 8 Januari 2006, Gus Dur hadir di Solo dalam acara ‘Njejegake Sakaguru Nusantara (Menegakkan Kembali Sokoguru Nusantara)’ untuk menyampaikan orasi, pandangan-pandangannya dari berbagai perspektif tertutama dalam bidang politik,”

Dan peristiwa itu terjadi tepat sebelum orasi Gus Dur bersama dengan KH Meeslim Rifai (Mbah Liem. Begini dialog mereka,

Mbah Liem: “Njenengan harus jadi presiden lagi Gus?”

Gusdur: “Mboten ngaten (tidak begitu), Mbah. Siapapun yang dikehendaki rakyat, termasuk Pak Jokowi ini, kalau dia jadi Wali Kota yang bagus, kelak juga bisa jadi presiden!”

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan