Waduh! Kota Paling Berbahaya di Dunia Ternyata Tak Jauh dari Indonesia

Posted on

Lahiya – Kota paling berbahaya di dunia ternyata ada di negara tetangga Indonesia, yakni kota Port Moresby di Papua Niugini (PNG). Kota yang diisi sekitar 500.000 jiwa ini memiliki nama resmi National Capital District (NCD).

Dilansir dari laman kompas.com, seseorang membeberakan pengalamannya berada di kota tersebut. Ia menginap di salah satu hotel terbaik di Port Moresby yang terletak 10 kilometer atau berjarak sekitar 5 menit dari bandara.

Sesuatu yang tak biasa ia saksikan ketika berada di hotel. Pintu gerbang hotel tempat ia menginap selalu tertutup. Hal tersebut tentu berbeda dengan hotel pada umumnya. Kemudian tembok tinggi dengan kawat berduri juga mengelilinginya.

Dalam hal pengamanan, katanya, hotel di sini ternyata mirip penjara. Pengamanan ketat hotel pun nampak di bagian dalamnya. Untuk masuk ke lift, tamu harus punya kunci akses khusus.

Baca Juga: Fadli Zon Beberkan Empat Kejanggalan di Balik Impor Beras Pemerintah

Begitu pula ketika ingin berpindah dari satu koridor ke koridor lainnya, termasuk ketika hendak menuju ke restoran yang ada di lantai tujuh, tamu harus memiliki kunci akses khusus tersebut.

Penjagaan ketat dilakukan juga oleh petugas keamanan. Tepat di pintu lobi, terlihat satpam berseragam hitam putih berjaga siaga. Belum cukup dengan itu, nampak juga petugas keamanan berseragam hitam – hitam lengkap dengan senjata yang dipegangnya.

Kondisi seperti ini tentu menimbulkan pertanyaan. Lantas, ketika pihak concierge melarang tamunya untuk berjalan kaki ke luar dari hotel, pertanyaan tersebut mulai agak terjawab. Pihak hotel sendiri mengharuskan tamunya memakai taksi atau mobil resmi hotel apabila ingin ke luar.

Sementara itu, di pusat kota alias CBD Port Moresby sendiri suasananya terlihat biasa-biasa saja. Tapi nampak pada bangunan-bangunan seperti hotel atau perkantoran selalu dikelilingi tembok tinggi dengan kawat berduri dan CCTV.

Masih dilansir dari kompas.com, seorang resepsionis hotel yang berasal dari Filifina menjelaskan bahwa kota ini merupakan salah satu kota paling berbahaya di dunia.

“Port Moresby is one of the most dangerous capital city in the world,” kataya.

Ditanya tentang lokasi apa saja yang harus dikunjungi di kota tersebut, resepsionis tabi berkata, “I am not familiar with the city because I am not from here.

Ternyata resepsionis yang baru bekerja selama enam bulan itu hanya hidup di antara hotel dan di asrama karyawan saja.

Di luar hotel, kota Port Moresby, memang tidak aman. Tingkat pengangguran di kota ini sangat tinggi, konon mencapai sekitar 60 persen. Maraknya penggunaan narkoba turut andil membuat suasana keamanan Port Moresby semakin buruk.

Selain itu, kota-kota dan kawasan pesisir di Papua Niugini, seperti Lae, Wewak, New Britain, dan Pulau Manus, memiliki situasi yang tak jauh beda dengan Port Moresby, meski tak separah kota ini.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan