waktu-sholat-tahajud

Waktu Sholat Tahajud Terbaik Menurut Al Quran dan Hadist

Posted on

Waktu Sholat Tahajud-Satu diantara amalan orang-orang soleh adalah sholat tahajud, beribadah sholat malam ini adalah satu diantara sholat yg dikerjakan saat kita mempunyai hajat.

Tetapi tidak hanya mempunyai manfaat untuk memohon pada Allah SWT saat kita mempunyai satu hajat, kerjakan sholat sunnah ini akan bikin seorang jadi lebih sehat, menurunnya rasa stres, serta bakal jadi lebih produktif lagi.

Walau saat tidur yang dipunyainya bakal jadi menyusut lantaran orang itu kerjakan beribadah malam. Nabi Muhammad SAW sendiri tdk pernah meninggalkan sholat malam ini tiap-tiap malamnya.

Hal itu diriwayatkan oleh satu hadist Ahmad bila Aisyah menyampaikan “Rasulullah SAW kerjakan sholat malam ini sesudah beliau kerjakan sholat isya hingga saat fajar mendekati”. Serta menurut kisah juga, beliau amat sedikit mempunyai waktu untuk tidur lantaran saat saat malam hari semakin banyak di habiskan utk kerjakan sholat sunnah tahajud itu.

Serta waktu paling baik yang bisa di ambil untuk kerjakan sholat malam ini adalah pada saat sepertiga akhir malam, yang diriwayatkan oleh hadist Bukhari serta Muslim. Jika di ambil berdasar pada saat yang kita punyai, waktu sepertiga malam yang pertama adalah diawali selepas kita usai kerjakan sholat isya s/d jam 11 malam.

Lalu waktu sepertiga malam yang ke-2 diawali dari jam 11 malam hingga lebih kurang jam 2 pagi. Serta untuk waktu sepertiga malam yang paling akhir adalah dari mulai jam 2 pagi s/d terbit fajar atau mendekati adzan subuh.

Waktu Sholat Tahajud Yang Baik

waktu sholat tahajud

Jadi buat anda yang kiranya mau sholat malam ini pada waktu yang paling baik adalah dari mulai jam 2 pagi sampai bakal terbitnya fajar, di mana saat itu adalah waktu sepertiga malam yang paling akhir. Serta dalam satu hadist dianjurkan untuk kerjakan sholat ini pada saat itu.

Selain itu, anda akan mempunyai semakin banyak saat untuk tidur sebelum sholat sunnah ini, serta anda dapat juga langsung sholat subuh. Lantaran tak lama sesudah anda kerjakan sholat malam itu, bakal mendekati waktu beribadah sholat wajib.

Waktu Sholat Tahajud menurut Al-Qur’an

Sholat tahajud termasuk kategori sholat sunnah dan Allah telah menetapkan tentang waktunya dalam Al-Quran, “Dan pada sebagian malam, bersholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat kamu ke tempat yang terpuji” (QS A1-Isra [17]: 79).

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan