Waktu Sholat Tahajud Terbaik Menurut Al Quran dan Hadist

Waktu Sholat Tahajud-Satu diantara amalan orang-orang soleh adalah sholat tahajud, beribadah sholat malam ini adalah satu diantara sholat yg dikerjakan saat kita mempunyai hajat.

Tetapi tidak hanya mempunyai manfaat untuk memohon pada Allah SWT saat kita mempunyai satu hajat, kerjakan sholat sunnah ini akan bikin seorang jadi lebih sehat, menurunnya rasa stres, serta bakal jadi lebih produktif lagi.

Walau saat tidur yang dipunyainya bakal jadi menyusut lantaran orang itu kerjakan beribadah malam. Nabi Muhammad SAW sendiri tdk pernah meninggalkan sholat malam ini tiap-tiap malamnya.

Hal itu diriwayatkan oleh satu hadist Ahmad bila Aisyah menyampaikan “Rasulullah SAW kerjakan sholat malam ini sesudah beliau kerjakan sholat isya hingga saat fajar mendekati”. Serta menurut kisah juga, beliau amat sedikit mempunyai waktu untuk tidur lantaran saat saat malam hari semakin banyak di habiskan utk kerjakan sholat sunnah tahajud itu.

Serta waktu paling baik yang bisa di ambil untuk kerjakan sholat malam ini adalah pada saat sepertiga akhir malam, yang diriwayatkan oleh hadist Bukhari serta Muslim. Jika di ambil berdasar pada saat yang kita punyai, waktu sepertiga malam yang pertama adalah diawali selepas kita usai kerjakan sholat isya s/d jam 11 malam.

Lalu waktu sepertiga malam yang ke-2 diawali dari jam 11 malam hingga lebih kurang jam 2 pagi. Serta untuk waktu sepertiga malam yang paling akhir adalah dari mulai jam 2 pagi s/d terbit fajar atau mendekati adzan subuh.

Waktu Sholat Tahajud Yang Baik

waktu sholat tahajud

Jadi buat anda yang kiranya mau sholat malam ini pada waktu yang paling baik adalah dari mulai jam 2 pagi sampai bakal terbitnya fajar, di mana saat itu adalah waktu sepertiga malam yang paling akhir. Serta dalam satu hadist dianjurkan untuk kerjakan sholat ini pada saat itu.

Selain itu, anda akan mempunyai semakin banyak saat untuk tidur sebelum sholat sunnah ini, serta anda dapat juga langsung sholat subuh. Lantaran tak lama sesudah anda kerjakan sholat malam itu, bakal mendekati waktu beribadah sholat wajib.

Waktu Sholat Tahajud menurut Al-Qur’an

Sholat tahajud termasuk kategori sholat sunnah dan Allah telah menetapkan tentang waktunya dalam Al-Quran, “Dan pada sebagian malam, bersholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat kamu ke tempat yang terpuji” (QS A1-Isra [17]: 79).

loading...

Tetapi, untuk Rasulullah sholat tahajud yang perlu dikerjakan saat malam hari bukan satu rintangan apalagi alasan untuk tidak melakukannya. Sehingga ada keterangan kalau sholat tahajud yaitu sholat yang diwajibkan pada Rasulullah saat sebelum turun perintah sholat wajib lima waktu.

Lantaran utamanya sholat ini, lalu Rasulullah senantiasa sholat tahajud sebagai sholat yang begitu strategis untuk tetaplah dikerjakan tanpa meninggalkannya satu malam juga. Sedang untuk umat Islam, sholat yang dikerjakan pada malam hari ini begitu disarankan untuk dikerjakan.

Pembagian saat ini memanglah bukan suatu hal yang saklek. Pada prinsipnya, dalam beribadah kita mesti mengambil yang paling baik dari segala pilihan.

Tetapibila kita susuri dalam beragam keterangan yang sahih, Rasulullah memberi contoh sholat tahajud ini pada sepertiga malam paling akhir.

Argumen ini diperkuat dengan info lain yang menerangkan mengenai keutamaan diijabahnya doa. Berdasarkan penjelasan yang sahih, waktu ijabah (dikabulkannya doa) itu yaitu sepertiga malam yang paling akhir.

Waktu Sholat Tahajud menurut Rasulullah SAW

Abu Muslim berkata kepada sahabatnya Abu Dzar, “Pada waktu manakah yang lebih utama kita mengerjakan sholat malam?” Abu Dzar menjawab, “Aku telah bertanya kepada Rasulullah Saw. Sebagaimana engkau tanyakan kepadaku ini.” Rasulullah Saw. bersabda, “Perut malam yang masih tinggal adalah sepertiga yang terakhir. Sayang sedikit sekali orang yang melaksanakannya” (HR Ahmad). Pada hadis yang lain Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat (waktu). Seandainya seorang Muslim meminta suatu kebaikan di dunia maupun di akhirat kepada Allah Swt., niscaya Allah Swt. akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam” (HR Muslim).

Sholat malam yang paling utama adalah pada sepertiga malam yang terakhir. Pada saat ini doa akan dikabulkan oleh Allah. Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwasannya Nabi pernah bersabda, “Allah turun ke langit dunia setiap malam pada sepertiga malam terakhir. Allah lalu berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Siapa yang me inta kepadaKu niscaya Aku beri! Siapa yang meminta ampun kepada-Ku tentu Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga fajar terbit” (HR Bukhari dan Muslim). Sabda Rasulullah Saw., dari Abu Hurairah r.a, tatkala Nabi Saw., ditanya, “Apakah sholat yang lebih utama selain dari sholat fardu yang lima?” Jawab beliau, “Sholat tengah malam.” (HR Muslim).

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa sahabat Abdullah bin Salam mengatakan, bahwa Nabi Saw. telah bersabda, “Hai sekalian manusia, sebar luaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah pada waktu manusia sedang tidur supaya kamu masuk surga dengan selamat” (HR Tirmidzi). Dalam keterangan lain Nabi Saw. bersabda, “Seutama-utama sholat sesudah sholat fardu ialah sholat sunnah pada waktu malam” (HR Muslim). Lagi-lagi keterangan ini menjelaskan tentang betapa pentingnya sholat yang dilaksanakan di waktu orang sedang istirahat pada malam hari.

Oleh karena itu, dapat diambil kesimpulan bahwa waktu terbaik sholat tahajud ada pada sepertiga malam terakhir. Lebih tepatnya dimulai jam 01.30 pagi sampai menjelang subuh.

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan