Warga Suriah Mengungsi ke Arab, Sebagian Kecil ke Eropa | @sahabatsuriah

Posted on

Sesudah nonton siaran TV tentang pengungsi-pengungsi Suriah ke Eropa ada pertanyaan klise. “Kenapa pengungsi Suriah larinya ke Eropa, bukan ke Arab?”

Sedikitnya ada 3 jenis keluarga #SuriahKita yang mengungsi.

Pertama, yang keluar dari #SuriahKita lalu mendaftarkan dirinya kepada @UNHCR. Ini mayoritas ekonomi bawah.

Kedua, keluarga #SuriahKita yang keluar negeri tapi tidak mendaftar diri ke @UNHCR. Ekonomi tengah ke atas. Jenis yang kedua ini meski mengungsi tetapi statusnya secara hukum internasional menurut PBB bukan pengungsi.

Jenis ketiga, ini yang terbanyak, Internal Displaced Persons (IDPs). Mengungsi tapi tidak keluar.
Keluarga #SuriahKita yang terdaftar sebagai “pengungsi” pada @UNHCR per 6 September 2015, total 4.088.099 jiwa. Sedangkan IDPs di dalam #SuriahKita diperkirakan lebih dari 5jt jiwa.

Jadi keluarga #SuriahKita yang ke Eropa itu “sedikit” dibandingkan yang ke Negara-negara Arab plus yang IDPs. Janganlah karena yang kita tonton hanya TV yang siarkan berita Eropa lalu kita simpulkan “nggak lari ke Arab”. Kalau cara memetik informasi seperti ini dipertahankan, kita akan selalu jadi korban media massa.

Betul, mayoritas pemerintah-pemerintah negara Arab belum melayani keluarga #SuriahKita sebaik Turki. Tapi seperti kata Presiden Turki @RT_Erdogan: “Apakah negara-negara lain bantu pengungsi #SuriahKita atau tidak. itu bukan urusan kita. Yang penting Turki melaksanakan apa yang jadi kewajibannya (menolong pengungsi #SuriahKita).