Waspada, Ini Tandanya Ada Malware Menyerang Smartphone Android

Posted on

Lahiya – Sudah menjadi hal yang umum kalau malware atau virus tidak hanya menyerang komputer, namun juga menyerang smartphone.

Kemungkinan smartphone terinfeksi malware itu tak bisa dimungkiri. Apalagi kalau kita sering install aplikasi atau software di perangkat, baik di komputer Windows, Mac, Linux, sampai smartphone Android.

Selain file APK dari pihak ketiga, beberapa aplikasi di Google Play Store dilaporkan juga dapat disusupi malware.

Baca juga: Patung-Patung Tak Lazim Ini Tunjukkan Seni Memahat Tidak Selamanya “Indah”

Meski begitu, ada tanda-tanda yang bisa diperhatikan untuk tahu smartphone Android telah terjangkit malware. Berikut keempat  tandanya seperti dilansir dari Liputan6.com.

1 Kuota Berkurang Banyak Tanpa Disadari

Tak sedikit malware yang berupaya untuk mengumpulkan data seperti akun perbankan, nomor kartu kredit, kontak, dan lain-lain.

Begitu sudah mendapat informasi ini, aplikasi malware bakal mentransfer informasi tersebut ke penjahat siber yang menyebarkan malware. Banyak kasus yang mengindikasikan transfer informasi itu akan membuat kuota pengguna banyak yang terpakai.

2 Smartphone Jadi Lelet

Serangan malware juga berpotensi membuat kinerja smartphone jadi lemot. Kalau smartphone jadi sangat lemot walau perangkat itu masih baru dibeli, bisa jadi smartphone itu terkena malware. Terutama kalau smartphone-nya sudah di-reboot perangkat namun tidak terjadi perubahan apapun.

Baca juga: Memiliki Alat Vital Terpanjang, Pria Ini Malah Susah Punya Anak

3 Baterai Boros Cepat Habis

Malware kebanyakan dirancang untuk beroperasi di background dan setiap saat terus bekerja untuk mengambil berbagai data yang diinginkan.

Cara kerja malware yang non stop itu besar potensinya membuat baterai smartphone jadi boros, padahal smartphone hanya dipakai untuk kinerja ringan.

Perlu dicurigai juga ketika baterai smartphone gampang drop padahal tak dipakai untuk tugas-tugas berat.

4 Panggilan Sering Terputus

Saat sedang menelepon, kadang tiba-tiba saja telepon terputus lantaran susah dapat sinyal. Ternyata, hal itu juga bisa jadi dikarenakan ada gangguan malware. Kalau terlalu sering mengalami panggilan yang terputus, bukan tak mungkin itu disebabkan ulah malware.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan