Wow! Kutu Busuk di Daerah Tropis Ternyata Lebih Menyeramkan

Posted on

Lahiya – Kutu busuk merupakan salah satu serangga yang cukup sulit dibersihkan dari tempat tidur. Bukan hanya karena ukuran yang sangat kecil, kutu busuk di daerah tropis ternyata lebih menyeramkan daripada kutu busuk pada umumnya.

Kutu busuk memang bisa ditemukan di negara manasaja. Namun, kutu busuk yang hidup di daerah bertemperatur dingin seperti Amerika Serikat dan Eropa, memiliki bentuk tubuh yang berbeda dengan kutu busuk di kawasan tropis.

Kutu busuk yang hidup di Asia, Australia, dan Florisa memiliki bentuk tubuh yang memungkinkan mereka lebih tangguh untuk bertahan hidup.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Journal of Economin Entomologi, peneliti membandingkan foto antara kutu busuk umum dan kutu busuk di daerah tropis.

Hasilnya cukup mengejutkan. Kutu busuk yang tinggal di kawasan tropis memiliki bentuk tubuh yang dapat membantunya bebas dari perangkap kutu dan melarikan diri dalam waktu lima menit.

Perangkap ini biasanya memiliki permukaan yang halus sehingga menyulitkan kutu busuk yang terjebak untuk melarikan diri.

Namun, kutu busuk tropis memiliki rambut lebih banyak pada bantalan lutut kaki mereka. Rambut-rambut inilah yang akan membantu kutu busuk tropis melarikan diri dari perangkap.

Peneliti juga menguji empat perangkap kutu busuk dengan desain berbeda yang dirancang di Amerika Serikat. Perangkap ini memang bekerja dengan baik pada kutu busuk biasa. Namun, kutu busuk tropis bisa melarikan diri dengan cepat dari perangkap ini.

Kini, peneliti tengah melakukan penelitian lanjutan untuk menemukan perbedaan menyeluruh diantara kedua kutu busuk ini serta pengaruhnya dalam kehidupan mereka.

Peneliti juga penasaran, selain untuk melarikan diri, apa saja fungsi dari rambut pada bantalan lutut tersebut. Apakah juga membantu kutu busuk dewasa selama proses kawain.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan